Pramuka SMK Salafiyah Kajen Adakan Pelantikan Pengembaraan Wings Tapak Hitam

Berlokasi di Goa Manik Jepara, Gerakan Pramuka SMK Salafiyah Kajen Pati lakukan Pelantikan Pengembaraan Wings Tapak Hitam. Berangkat pada Senin pagi (10/12) dari halaman Gedung SMK Salafiyah Kajen Pati, lebih dari 200 peserta siap melakukan pelantikan tersebut di Goa Manik Jepara.

Pemilihan lokasi pelantikan yang bertempat di Goa Manik bukan tanpa alasan. Lokasi tersebut berhubungan dengan sejarah Dewan Ambalan Gerakan Pramuka SMK Salafiyah yaitu Ki Cibolang. Hal tersebut dijelaskan oleh Kak Thohir, S.H. selaku Pembina Pramuka SMK Salafiyah Kajen.

“Secara historis, Ki Cibolang memiliki hubungan dengan Ratu Kalinyamat. Dari sejarah tersebut, kami sengaja memilih lokasi ini (Goa Manik –red) sebagai acara Pelantikan Pengembaraan Wings Tapak Hitam SMK Salafiyah.” Ungkap kak Thohir saat ditemui tim redaksi Tribunnews di lokasi pelantikan.

Kak Thohir juga menjelaskan, sebelum pelantikan dimulai, peserta diwajibkan melakukan Jelajah Rute Juang Napak Tilas Ratu Kalinyamat. Hal tersebut sebagai upaya untuk mengajarkan peserta tentang sejarah Ratu Kalinyamat dan Ki Cibolang, menghargai toleransi dengan warga setempat, lebih mencintai alam, serta menumbuhkan jiwa nasionalis dengan menjunjung kerja sama dalam kebersamaan. Berbagai upaya tersebut diajarkan sesuai dengan masing-masing pos yang telah ditentukan sesuai dengan lokasi yang menjadi rute perjalanan peserta.

Syamsul Ma’arif yang ikut sebagai peserta bercerita kepada tim redaksi. Dia merasa senang dengan mengikuti kegiatan ini. Lelah dan rintangan yang dihadapinya selama menjelajah rute juang, terasa ringan karena dilakukan bersama dengan teman-temannya. Peserta yang akrab dipanggil Arif itu juga menjelaskan bahwa dengan mengikuti kegiatan pelantikan ini, dia memperoleh pengalaman dan pengetahuan lebih luas, terutama tentang sejarah Goa Manik dengan bertanya langsung warga setempat melalui tugas yang diberikan oleh kakak pembina pramuka.

“Saya juga merasakan jiwa korsa di dalam diri kami semakin kuat, terutama ketika melakukan misi secara bersama, hingga makanpun tetap kami lakukan secara bersama.” Imbuh Arif dengan penuh semangat sambil sesekali melakukan yel-yel dengan kelompoknya.

Setelah kegiatan Jelajah Rute Juang Napak Tilas Ratu Kalinyamat sukses ditempuh peserta, tiba saatnya acara puncak dimulai, yaitu Pelantikan Pengembaraan Wings Tapak Hitam.

Sebagai tambahan informasi dari kak Thohir, Wings Tapak Hitam merupakan lencana yang diberikan sebagai Tanda Kecakapan Khusus atau yang lebih dikenal sebagai TKK kepada peserta. Prosesi ini sebagai bentuk bahwa peserta telah resmi menjadi Dewan Ambalan Gerakan Pramuka untuk selanjutnya bisa diberikan tanggung jawab yang lebih besar, khususnya di dalam Dewan Ambalan Ki Cibolang Pramuka SMK Salafiyah Kajen.

Setelah semua peserta berbaris sesuai arahan para kakak pembina, upacara Pelantikan Pengembaraan Wings Tapak Hitam siap dilakukan. Tempat pelantikan berada di Pantai Goa Manik Jepara.

Dengan dipimpin langsung oleh Kamabigus Pramuka SMK Salafiyah, Ubaidillah Wahab, S.H, M.Si., upacara pelantikan berlangsung penuh khidmad. Saat sebelum prosesi pelantikan dilakukan, Kamabigus SMK Salafiyah yang lebih akrab dipanggil Pak Ubaid tersebut membacakan janji kesanggupan dan Tri Satya kepada seluruh peserta yang akan disematkan Lencana Wings penjelajahan Napak Tilas.

Akhirnya saat yang dinantikan peserta telah tiba, yaitu penyematan Lencana Wings Penjelajahan Napak Tilas, dengan diteruskan proses siram air kembang ke seluruh peserta.

Di temui tim media sesaat setelah upacara selesai, Pak Ubaid menuturkan bahwa acara ini (Pelantikan Wings Tapak Hitam –red) sesuai dengan karakter yang ditanamkan oleh SMK Salafiyah Kajen yaitu SMK berbasis Pesantren. “Peserta didik atau biasa kami sebut Santri SMK Salafiyah ini diajarkan bagaimana menjadi Santri SMK yang berkarakter Pesantren dengan terjun langsung menerapkan jiwa Santri mereka kepada masyarakat melalui kegiatan Pramuka”. Tutur Pak Ubaid sambil memperhatikan suasana para peserta yang tengah kompak melakukan baris.

Pak Ubaid juga menambahkan, kegiatan pelantikan ini sebagai perwujudan potret ibadah dari Ihsan, yang mengajarkan para Santri SMK Salafiyah untuk istiqomah melakukan kebaikan dalam kebersamaan melalui Pramuka, sehingga akan memperkuat Iman dan Islam, yang pada akhirnya bisa dijadikan sebagai pegangan Santri dalam meraih masa depan.

Kontributor: md.

01-03-2019

57

Tim Media

KOMENTAR

BELUM ADA KOMENTAR

KOMENTAR

TINGGALKAN PESAN UNTUK KAMI