Achievement Motivation Training di SMK Salafiyah: Menumbuhkan Semangat, Menumbukan Prestasi, Membangun Masa Depan

Pati, 2025 — Dalam rangka mendukung implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), SMK Salafiyah Pati menyelenggarakan kegiatan Achievement Motivation Training (AMT) yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi. Kegiatan ini menghadirkan narasumber inspiratif, Bapak Moch Ali Sodikin, S.Pd., selaku perwakilan dari GSM Indonesia, yang telah berpengalaman dalam membangun ekosistem pendidikan berbasis semangat, empati, dan keceriaan belajar. Bertempat di aula SMK Salafiyah, kegiatan AMT berlangsung penuh antusiasme dan semangat. Siswa-siswi diajak untuk menggali potensi diri, memperkuat motivasi belajar, serta memahami pentingnya tanggung jawab dan kerja keras dalam meraih cita-cita. Suasana berlangsung interaktif, menyenangkan, dan penuh energi positif, sejalan dengan semangat Gerakan Sekolah Menyenangkan yang menempatkan siswa sebagai subjek utama dalam proses pembelajaran. Dalam penyampaiannya, Bapak Moch Ali Sodikin menekankan pentingnya membangun mindset positif, mengenal kekuatan diri, serta menciptakan lingkungan sekolah yang ramah dan mendukung tumbuh kembang siswa secara utuh. “Sekolah yang menyenangkan bukan berarti tanpa tantangan, tetapi sekolah yang mampu membuat tantangan terasa bermakna dan memotivasi,” ungkap beliau di hadapan para peserta. Kepala SMK Salafiyah, Ibu Erni Sofa Nugraha, S.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk membentuk karakter siswa yang berani bermimpi, percaya diri, dan mampu mengatasi hambatan dalam belajar dan kehidupan sehari-hari. “Kami ingin siswa SMK Salafiyah tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga kuat secara mental dan emosional,” tegasnya. Kegiatan AMT ini tidak hanya menjadi bekal motivasi jangka pendek, tetapi juga menjadi bagian dari transformasi budaya sekolah yang lebih positif, inklusif, dan menyenangkan. SMK Salafiyah terus berkomitmen menghadirkan suasana belajar yang tidak hanya fokus pada capaian akademik, tetapi juga pada pembangunan karakter dan kebahagiaan belajar siswa.